AWAL KEBANGKITAN KEMBALI PRAMUKA DI KAPUNG HALAMANKU

GERKAN PRAJAMUDA KARANA (Pramuka) morganisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang(11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina PramukaAndalan PramukaKorps Pelatih PramukaPamong Saka PramukaStaf Kwartir dan Majelis Pembimbing.
Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

setelah vakum beberapa tahun, bulat tekat untuk membangkitkan kembali organisasi kepanduan (Pramuka) di kampungku untuk melatih, mendidik serta memberikan pengalaman agar tidak tertinggal dengan mereka yang berada di perkotaan. 

untuk menghidupkan kembali pramuka di kampung memerlukan pengorbanan yang sungguh-sungguh mulai dari fisik, material, mental , tekad dan menyita banyak waktu. tapi itu semua demi memajukan desa tercintaku. Bade, Distrik Edera. banyak alumni pramuka di sana, tapi mereka sibuk dengan urusan pribadi.
setelah melamar untuk mengajar Pramuka, lumayan banyak antusias siswa yang mengikutinya, di tambah dukungan dari Kepala Sekolah, membuat hati ini sedikit legah.
seiring waktu berjalan latihan pun di lakukan dan terus di lakukan..

kini saatnya untuk memberikan mereka pengalaman yang mungkin belum perna mereka rasakan, yaitu Perkemahan Sabtu Minggu. (PERSAMI).

Saya Memilih SMA N 1 Edera sebagai tuang rumah karena mereka yang paling siap dan paling besar untuk bisa melaksanakan Persami pertama, untuk menjadi batu loncatan dan semagat untuk mereka semua.

persami di ikuti oleh Penegak dan Penggalang se distrik edera sehinga meramaikan kegiatan tersebut.




























kegiatan yang di adakan beruapa, Jelajah Alam, Games Interaktif, Pawai Obor,Api Unggun, Pentas Pramuka dan materi kepramukaan.


















sehingga berakhirlah Persami walaupun mengalami sedikit kendala karena alam tak mendukung dan beberapa program yang tidak terlaksana, merupakan suatu kebanggaan di karenakan semangat dari peserta yang tidak pudar dan kekompakan dan solidaritas panitia yang terjaga,






















0 Komentar